Tips Mencari Kado



Hello Kado Hunters! ;)

Pernah merasa dilemma waktu mau pilih kado? Yes, it happens to me ALL THE TIME! Saya orang yang paling labil klo disuruh mikir kado. Makanya post kali ini saya mau bahas soal tips mencari kado. Sebenernya post kali ini tidak hanya untuk kado ulang tahun aja, tapi berlaku untuk hampir semua occasion yang require kado. Hope it helps! :)


1. Tetapkan budget
Budget merupakan hal yang penting dalam segala hal termasuk dalam membeli kado. Mengapa? Range harga kado sangat beragam dan harganya tidak ada batasnya. Menurut saya menggunakan seluruh tabungan kita untuk membeli kado itu tidak bijaksana sama sekali. Untuk memberikan kado yang berkesan tidak selalu harus mahal, yang paling penting adalah niatnya. Oya, dengan menetapkan budget, anda pun lebih mudah untuk memilih kategori kado tersebut.



2. Time is everything!
Waktu sangat penting. Waktu yang saya maksud disini bukan hanya waktu pemberian kado, tetapi waktu mencari kado tersebut. Jika anda memiliki banyak waktu maka persiapan yang anda lakukan bisa lebih banyak, contohnya seperti window shopping. Anda dapat masuk keluar toko-toko untuk mencari pilihan terbaik dan membandingan harga. Namun terkadang waktu yang kita miliki tidak banyak. Saran saya untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencari kado, anda browsing internet terlebih dahulu. Selain bisa memberikan inspirasi untuk memilih kado, terkadang anda juga dapat membeli kado online. Tapi jangan lupa memperhatikan waktu pengiriman ya. Setelah itu perhatikan waktu pemberian kado. Tepat waktu memang paling namun ingat.. better late than never! :)

3. Cari tahu kebutuhan si penerima
Saya adalah tipe orang yang lebih menyukai memberi kado sesuai kebutuhan si penerima. Alasannya sederhana karena pemberian kita pasti berguna dan dpakai. Saya pun yakin anda pasti merasa senang jika melihat kado yang anda berikan dipakai. Tapi memang terkadang kendalanya adalah tidak gampang untuk mencari tahu kebutuhan si penerima.

4. Be the joker
Anda mempunyai moment lucu dengan si penerima kado? Tidak ada salahnya anda memberikan kado yang mengingatkan dia dengan peristiwa lucu tersebut. Ini bukan berarti anda harus jadi seperti Aston Kutcher terus ngisengin si penerima. Well, kalo mau juga gak apa-apa juga asal jangan terlalu sadis ya. ;)

5. Hobby
Setiap orang pasti mempunyai hobby. Memberikan kado yang sesuai dengan hobby yang dimiliki si penerima tentunya akan berguna dan menyenangkan bagi si penerima. Kado ini tidak selalu harus barang-barang yang berkaitan langsung ya. Misalnya si penerima mempunyai hobby travelling, bukan berarti kita harus memberikan hadiah sebuah paket tur kan? Bisa saja kita memberikan case pasport atau skin care dengan ukuran travel size.

6. The favourites
Point ini memang agak sedikit mirip dengan point sebelumnya. Tapi yang saya maksudkan disini adalah seperti warna, merk, klub bola atau apapun itu yang menjadi kesukaan dari si penerima. Seperti memberikan kado merchandise klub bola favorite, memberikan agenda dengan warna favorite, atau  aksesoris dari brand favorite si penerima.

7. The Neutrals
Yang saya maksud dengan neutrals disini adalah stuff that we don't actually need but nice to have. Mungkin barang-barang yang masuk kategori ini terdengar kurang berkesan dan biasanya diberikan untuk acara secret santa atau karena kita terburu-buru mencari kado. Contoh seperti aromatherapy set, payung, etc.


Apapun yang anda pilih, always remember its the effort that counts! Happy hunting peeps! :)


Love,
r.

No comments