Preparing Your Wedding.. (non technical stuff)


They all say preparing a wedding is crazy. AND IT IS!


Pasti sebagian besar dari kalian pernah denger cerita temen, saudara or siapapun yang udah pernah nyiapin nikahan soal betapa ribetnya persiapan pernikahan itu. Apalagi pernikahan di Indonesia itu melibatkan banyak sekali pihak. And as you all know, semakin banyak yang terlibat, semakin banyak yang mau bicara, semakin ribet pula itu persiapannya.

Jujur menurut saya, persiapan pernikahan saya cukup lancar. Halangan dan drama-drama sedikit pasti ada, tapi bisa dilalui dengan baik. Berikut ini saya berikan beberapa tips dalam mempersiapkan pernikahan (non technical stuff).



  1. Pray. As chessy as it sounds, gue percaya akan kekuatan doa. Dalam mempersiapkan pernikahan saya kemarin, mama selalu ngajak berdoa bareng dan rutin. Believe it or not, berdoa buat saya lebih tenang dan lebih santai. Semua hal yang bisa saya pikirkan tentang persiapan pernikahan sampai printilan kecil saya bawa dalam doa. Jatohnya lebih kaya curhat mungkin ya. Hasilnya pernikahan saya terlaksana melebihi ekspektasi saya. Tips yang satu ini ga ada salahnya dan ruginya untuk dicoba. 
  2. Communication is key. Sebisa mungkin untuk saling berkomunikasi dengan semua pihak baik orang tua kedua belah pihak, keluarga yang terlibat, maupun vendor. Kita sebenernya udah sangat terbantu dengan fitur group di aplikasi instant messaging. Ini dapat meminimalisir kemungkinan adanya miskomunikasi. Yang paling penting jaga komunikasi dengan calon suami/istri. Coba untuk selalu straight to the point dengan sikap dan kata-kata yang sopan. Jangan sampai ada yang tersinggung.  
  3. Be patient. Masalah itu sudah pasti ada. Coba untuk selalu bisa sabar dan berpikir lebih panjang sebelum berkata-kata atau mengambil suatu keputusan. Ini cukup susah loh, karena jujur saya bukan tipe orang yang sabar. Sedikit tips buat kamu, jika kamu mendengar sesuatu yang buruk.. tarik napas panjang dan hembuskan sambil menghitung sampai 10. Repeat if necessary. ;)
  4. Stay healthy. Persiapan pernikahan banyak sekali menyita waktu dan pikiran. Jadi diperlukan kondisi badan yang fit apalagi saat hari H. Makan teratur, olahraga yang cukup dan jangan lupa minum vitamin. Saya kemarin sempat sakit batuk sebulan and it sucks! Banyak hal yang agak tertunda karena sakit itu. Lagian sebagai pengantin, we do want to look our best kan. 
  5. Hope for the best and prepare for the worst. Yes, prepare for the worst! Percaya atau engga, pasti ada aja hal-hal yang "ajaib" yang bisa terjadi. 

Sebenarnya saya pengen cerita pengalaman pribadi, tapi masih bimbang apa mau di post atau engga karena saya tidak biasa "curhat" di blog (no offense.. its just that im not used to it). But anyway, semua post yang berkaitan dengan pengalaman saya menyiapkan pernikahan, its my gift to you all soon to be brides/grooms out there. I wish you all the best!


Love,
R.




No comments