Preparing Your Wedding.. (technical stuff)

Wedding budget excel template

Greetings people!

Masih tentang mempersiapkan pernikahan, kali ini saya mau share tips tentang persiapan pernikahan yang lebih teknis.


Set your budget. Budget ini sangat penting untuk bisa menentukan pernikahan kamu seperti apa nantinya dan vendor mana yang kamu pilih. Saya dan suami (fiance back then) membuat anggaran pernikahan kami menggunakan wedding budget template excel (click here to download) yang sudah lengkap dengan formulanya dan bisa di download gratis. File tersebut di save di sharing folder kami di dropbox. Jadi siapapun diantara kami yang dapat update dari vendor, bisa langsung update excel ini. Kita bisa lihat apa yang sudah kita anggarkan dan actual budgetnya seperti apa. It really helps us to keep every penny on track.



Do your research. Kamu bisa google, tanya ke teman atau pihak yang bersangkutan mengenai persiapan dan persyaratan pernikahan. Khususnya untuk hal-hal yang berhubungan dengan persyaratan agama atau hukum ya. Tiap orang memiliki kasus yang berbeda jadi persyaratannya pun bisa berbeda. Contohnya: beda agama, beda kewarganegaraan, dll. Kemarin banyak sekali printilan dan surat-surat yang harus kita siapkan. Kemarin saya cukup mondar-mandir untuk persiapan yang satu ini berhubung saya tinggal di Jakarta Utara, suami di Jakarta Selatan, dan diberkati di Cilandak. Dan pastikan selalu membawa berkas-berkas penting (KTP, KK, etc) supaya tidak bolak balik.

Find inspiration. Pinterest plays a big role during my wedding planning. Saya mengumpulkan gambar-gambar ke board saya untuk saya jadikan inspirasi persiapan pernikahan. Pinterest hanya satu media aja ya. Bisa juga dari instagram atau website-website khusus pernikahan lainnya. Banyak dari mereka yang sekaligus membahas real wedding dan juga mereview vendor. Super useful! Apalagi untuk calon pengantin yang menciptakan konsep acaranya sendiri seperti saya.

My Pinterest Board. (to visit click here


Know what you want. Semua calon pengantin pasti ingin pesta pernikahannya menjadi momen yang tidak terlupakan. Tapi malah akhirnya jadi banyak mau, labil, rempong dan kurang realistis. Usahakan untuk selalu membayangkan pernikahan kalian secara keseluruhan. Apakah sesuatu yang kalian inginkan itu cocok/serasi dengan yang lain? Dan yang paling penting, jangan pernah merubah sesuatu apalagi jika waktunya sudah mepet. Hal ini bisa menjadi sangat merepotkan untuk banyak pihak.

Create moodboard. Setelah mencari inspirasi dan menentukan kemauan dan pilihan, saya kemudian menyatukannya dalam sebuah file. Saya buat di keynote kumpulan moodboard saya di keynote tapi kamu juga bisa buat di powerpoint. Ini sangat (and i really mean SANGAT) mempermudah saya dan suami ketika kami meeting dengan vendor. Mereka bisa tau hal-hal yang kita inginkan tanpa perlu makan waktu lebih untuk brainstorming.

Meet with vendors. Wedding expo akan sangat membantu persiapan pernikahan kamu. Ga cuma bisa cek price list, tapi banyak vendor yang kasih harga menarik selama wedding expo. Tapi saya cukup picky jadi kemarin sama sekali ga buat deal sama vendor manapun. Tapi cukup banyak dapet info menarik sih. Dan browsing website-website directory pernikahan itu sangat membantu. Saya soalnya tipe orang yang tidak mau buang waktu dijalan. Jadi kebanyakan via email dan meeting jika kita memang 70% tertarik dengan vendor tersebut.


Saya juga akan sedikit menceritakan pernikahan saya dan konsepnya di post berikutnya ya. Dan pastinya juga akan ada review vendor-vendor yang terlibat dalam pernikahan saya. So, stay tuned grooms and brides!


Love,

R.

No comments